Rusia Tembak Jatuh Pesawat Nirawak Teroris Suriah di Khmeimim

MOSKOW-jangkarnews.com-Pasukan Rusia menembak jatuh pesawat nirawak atau UAV di sekitar Pangkalan Udara Khmeimim, Suriah. Menurut Moskow, UAV itu diterbangkan kelompok teroris Suriah dari wilayah Idlib untuk menyerang pangkalan Khmeimim.

Kepala Pusat Rusia untuk Rekonsiliasi Suriah, Mayor Jenderal Alexei Tsygankov, mengatakan bahwa penembakan UAV kelompok teroris Suriah terjadi hari Sabtu kemarin dengan sistem pertahanan udara Rusia yang siaga di pangkalan udara setempat.

“Pada 11 Agustus, unit pertahanan udara di pangkalan udara Khmeimim mendeteksi sebuah kendaraan udara tak berawak (UAV) diluncurkan dari wilayah yang dikendalikan oleh kelompok-kelompok bersenjata ilegal di zona de-eskalasi Idlib,” kata Tsygankov, yang dilansir dari Sputnik, Minggu (12/8/2018).

Target udara itu dihancurkan pada jarak yang aman dari pangkalan. Menurut Jenderal Tsygankov, insiden itu tidak menimbulkan korban atau kerusakan material di pangkalan dan operasi militer Rusia tidak terganggu.

Militer Rusia dikerahkan di Suriah pada tahun 2015 atas permintaan resmi pemerintah Suriah yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad. Militer Moskow dimintai bantuan rezim Assad untuk memerangi kelompok teroris.

Serangan pesawat nirawak yang menargetkan pangkalan Khmeimim bukan sekali ini digagalkan militer Moskow. Bulan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pasukan Moskow menghancurkan UAV yang diluncurkan dari wilayah Latakia yang dikuasai kelompok militan bersenjata.

Beberapa insiden serupa juga terjadi pada bulan Juni, Mei dan April. Namun, pada bulan-bulan itu UAV yang menyerang tidak diketahui lokasi peluncurannya.

(mas)
sindonews



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *