Forum Konsultasi Publik Sampaikan RKPD Tahun 2021

Tanah Datar-jangkarnews.com – Rapat perencanaan Tahun penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk perencanaan Tahun 2021 Kabupaten Tanah Datar berlangsung di aula kantor bupati, Kamis (30/01/2020).

Dalam kegiatan forum Konsultasi Publik itu, di hadiri 150 peserta, juga tampak hadir ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Wakil Ketua DPRD Saidani, Kajari Hardijono Sidayat, Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo, Sekda Irwandi dengan narasumber dari Ditjen Bangda Kemendagri RI, Tim Ahli Perguruan Tinggi, pimpinan dan anggota DPRD, tim ahli perguruan tinggi, dan OPD Tanah Datar.

Musyawarah RKPD adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan dan mendapatkan masukan untuk bahan penyempurnaan RKPD ( Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah ) yang akan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Tanah datar.

Seperti yang di sampaikan wabub Tanah Datar H. Zuldafri Darma, Forum konsultasi publik merupakan penyusunan RKPD, sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 80 ayat (1) dinyatakan Rancangan Awal RKPD dibahas bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam sebuah forum Konsultasi Publik,” jelasnya.

Tujuan yang pertama adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan. Kedua, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kerja. Ketiga, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

“Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik diselenggarakan untuk penyampaian program prioritas, dan menyamakan persepsi dan pemahaman tentang pedoman pembangunan tahun 2021,” jelas Epi Darma.

“Menurut Perda Nomor 5 Tahun 2017, kebijakan pembangunan daerah Tanah Datar dengan empat gerakan terpadu unggulan pembangunan daerah, yaitu, Peningkatan Kualitas SDM, peningkatan pembangunan pertanian, peningkatan pengembangan pariwisata, dan peningkatan pelayanan publik,” tambah Epi darma.

Kegiatan di lanjutkan dengan penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD oleh wakil Ketua DPRD Anton Yondra, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kasubid Perencanaan dan Evaluasi Wil I Ditjen Bina Bangda Kemendagri RI Bagus Agung Herbowo, penyampaian saran dari pakar Prof. Dr. H. Fasbhir, H.M Noor Sidin, SE, M.Sp, Ph.D, kemudian Dr. Ir. Eri Gas Ekaputra, MS, dan Drs. Najmudin, M.Pd, Ph.D.
(ST)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *