SDN 193 Pekanbaru Maknai HUT Kemerdekaan RI Dengan Cara Menerapkan Global Kebhinekaan

SDN 193 Pekanbaru Maknai HUT Kemerdekaan RI Dengan Cara Menerapkan Global Kebhinekaan

PEKANBARU(Jangkarnews.com)_Dalam rangka meriahkan hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia HUT RI ke-78 Tahun 2023, pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN)1936 Jalan Kartama Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru Provinsi Riau, menggelar berbagai macam kegiatan dalam bentuk permainan maupun perlombaan.

Berbagai kegiatan permainan maupun perlombaan untuk para Siswa, majelis guru dan wali murid itu sendiri meliputi, klerek, statak, joget balon, cakbur, kemudian lari dan bola estafet.

Kepala Sekolah SDN 193 Pekanbaru, Hermaneli S.Pd, Sabtu, (19/8/2023) kepada media ini mengatakan, seiring HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, juga dalam rangka kurikulum merdeka.

Dimana kurikulum merdeka dituntut nilai ekstra kurikuler mata pelajaran sebuah profil enam dimensi yang ada dalam Pancasila itu sendiri.

"Saya katakan, enam dimensi tersebut, beriman bertaqwa, kebhinekaan global, mandiri gotong royong dan berpikir kritis serta kreatif," sebut wanita berkaca mata terkesan ramah dan murah senyum.

Masih dikatakan, Neli begitu panggilan  akrabnya, saat pelaksanaan permainan maupun perlombaan unsur enam dimensi Pancasila sudah masuk di dalamnya.

Alasannya, manusia terlahir bersuku-suku dan berbangsa, namun tetap bersatu padu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"kita wajib mensyukuri bahwasanya terlahir sehat dapat mempertahankan nilai global kebhinekaan. Lihat saja, dimulai dengan olah raga memiliki makna wujud syukur kita bahwa tidak ada memandang suku, ras maupun agama", terangnya.

Lebih lanjut, nilai kemandirian dan sportivitas dalam pemainan maupun perlombaan terdapat butir gotong royong menghasilkan kerja sama yang baik.

Tambahnya, dalam permainan terdapat juga nilai kebudayaan mempertahankan  sebuah tradisional yang menghasilkan pemikiran kritis dan kreatif.

"Bangga dan apresiasi kepada pihak yang telah mendukung kegiatan ini, hingga berjalan sukses. Lebih khusus ucapan terima kasih kepada orang tua murid mendukung penuh pelaksanaan ini", ucapnya sembari berharap kurikulum merdeka dapat diterapkan dilingkungan rumah dengan cara membina kepada anak-anak.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana penyelenggara, Lismayanti S.Pd, mengungkapkan, untuk pelaksanaan kegiatan sudah jauh hari dipersiapkan selama sepekan.

"Saya menyadari, walaupun persiapan terkesan mendadak, namun ada kebanggaan tersendiri yakni, kekompakan dan kerjasama murid, orang tua, guru dan dibantu  Ketua Komite SDN 193 Pekanbaru," tutupnya

Berita Lainnya

Index