Bertempat di Gor Hold B Sport Center Kuansing

Pembukaan Kejuaraan Olaraga Tradisional Kormi Kabupaten Kuansing Tahun 2023 Secara Resmi Gelar

Pembukaan Kejuaraan Olaraga Tradisional Kormi Kabupaten Kuansing Tahun 2023 Secara Resmi Gelar
Kapolres Kuansing diwakili oleh Kapolsek Kuantan Tengah Kompol Syafri Joni, SE, menghadiri kegiatan pembukaaan Kejuaraan Olaraga Tradisional Kormi Kabupaten Kuansing Tahun 2023

KUANSING(Jangkarnews.com)_Kapolres Kuansing diwakili oleh Kapolsek Kuantan Tengah Kompol Syafri Joni, SE, menghadiri kegiatan pembukaan Kejuaraan Olahraga Tradisional Kormi Kabupaten Kuansing Tahun 2023 bertempat di gor hold B Sport Center Kuansing, Rabu (01/11/2023) Pukul 09.00 WIB.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak.MM, dan dihadiri Kapolres Kuansing yg diwakili oleh Kapolsek Kuantan Tengah Kompol Syafri Joni, SE., Ketua KORMI Prov. Riau Doni Afrialdi,MH, Ketua KORMI Kab. Kuansing Gurmir Indra, SH, Ketua DPRD Kuansing yg diwakili oleh Waka II DPRD Kuansing Juprizal, SE, M.Si, Kajari Kuansing diwakili oleh Kasi Intel Rozi Juliantono, SH, Sekda Kuansing H. Dedi Sambudy, S.Kep.SKM., M.Kes, Camat Kuantan Tengah yg diwakili oleh Kasi PMD Syafrial, Danramil 02 Kuantan Tengah kapten Inf Legimin, Ketua Koni Kab. Kuansing Andi Cahyadi, Para Asisten, Staf ahli, Kadis dan Kaban OPD lingkungan Pemkab Kuansing, Peserta dan Undangan lainnya.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., melalui Kapolsek Kuantan Tengah Kompol Syafri Joni, SE., menyampaikan "bahwa  Kejuaraan Olahraga Tradisional Kormi Kabupaten Kuansing ini selain sebagai ajang untuk mendorong semangat, kontribusi, dan kolaborasi untuk bersama-sama melestarikan permainan tradisional khususnya di Kabupaten Kuansing,"

"Kita berharap kegiatan kejuaraan olahraga tradisional adalah aset budaya yang perlu dilestarikan khususnya bagi masyarakat Kuansing. Sehingga permainan tradisional ini terus ada dan tidak hilang hingga kapanpun,”ungkap Kompol Syafri.

Sambutan ketua umum KORMI Kab. Kuansing Gusmir Indra, SH, menyampaikan "Kejuaraan ini dilaksanakan untuk menjaring atlit-atlit olahraga tradisional yang akan diterjunkan di kejuaraan olahraga tradisional tingkat provinsi, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan olahraga-olahraga tradisional yang saat ini sudah tidak terlalu diminati oleh masyarakat, Kejuaraan ini diharapkan dapat memberikan kesehatan jasmani dan rohani kepada pesertanya,"

Sambutan ketua umum KORMI Prov. Riau Doni Afrialdi,MH, mengucapkan "Terima kasih kepada panitia dan semua pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan perlombaan ini, Kabupaten Kuansing dapat menjaring para atlit olahraga tradisional untuk dipersiapkan mengikuti kejuaraan tingkat provinsi,"

Sambutan Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, Ak.MM sekaligus membuka secara resmi Kejuaraan Olahraga Tradisional KORMI Tahun 2023 menyampaikan "Saya berharap acara kormi ini bagian dari kehidupan masyarakat dan kita berharap untuk kedepannya acara kormi tingkat Provinsi Riau di adakan di kabupaten Kuansing yang di adakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI, kita wajib melestarikan olah raga masa lalu yg ada di kehidupan kemasyarakatan,"

"Semua even pacu jalur yg telah di agenda oleh pemkab dan dinas pariwisata Kab. Kuansing sekaligus di adakan Acara Kormi, Pemkab Kuansing Siap mendukung acara Kormi ini dan akan di berikan Bea Siswa bagi siswa yang berprestasi,"

"Terima kasih kepada seluruh panitia yang bekerja keras guna mensukseskan acara kormi, agar kita tetap kompak dan bersatu untuk tahun kedepannya,"

"Kegiatan KORMI akan membawa dampak Positif terutama bagi daerah khususnya perekonomian masyarakat Kab. Kuansing, Sambil berolah raga tingkatkan Prestasi karna pada masanya akan melanjutkan masa depan Kabupaten Kuansing,"

"Adapun jenis perlombaan yang dipertandingkan yaitu Perlombaan Enggrang, Perlombaan Terompa Panjang, Perlombaan Tarik Tambang, Perlombaan Hadang dan Perlombaan Dagongan".

"Permainan tradisional memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan sepatutnya dilestarikan. Terutama diera zaman sekarang yang sudah jarang sekali ditemui olahraga tradisional seperti ini. Sehingga ini perlu terus dijaga dan dilestarikan,” tutup Kompol Syafri mengakhiri keterangannya

Berita Lainnya

Index