Bersempena Dengan Hut PGRI Ke_78

Kabid Dikdas Dinas Dispora Kuansing Sebut Program Belajar Merdeka Salah Satu Upaya Memperkuat Pilar Pendidikan

Kabid Dikdas Dinas Dispora Kuansing  Sebut Program Belajar Merdeka Salah Satu Upaya  Memperkuat Pilar Pendidikan

KUANSING(Jangkarnews.com)_Bersempena dengan Memperingati dua hari besar yaitu HUT PGRI  Ke 78 tahun Dan HUT Korpri ke 52  Tahun  Korpri tahun 2023 yang langsung di pimpin oleh Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby Rabu pagi 22/11 2023 di lapangan Limono mengambil tema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.

Usai dari upacara memperingati hari HUT PGRI dan HUT Korpri saat di jumpai Kabid Dikdas Dinas Pendidikan kab Kuansing zulmaswan di dampingi salah  seorang tokoh pemerhati Pendidikan saat ini memegang jabatan  sekretaris PGRI Kabupaten Kuantan Singingi sambil ngopi santai Bersama Awak media di sebuah warung di pusat kota Taluk kuantan dan mengambil topik pembahasan dari program pemerintah "merdeka belajar " tujuan program Merdeka Belajar diutamakan pada penguatan Karakter Dan Kompetensi dasar siswa sehingga bisa membantu meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia, melalui pendekatan Pembelajaran yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan siswa Terang Zulmaswan.

Adapun peran guru pada program Merdeka belajar  itu di utamakan pada penguatan Karakter dan kompetensi dasar siswa sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, melalui pendekatan, pembelajaran yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan siswa serta membantu siswa untuk lebih memahami dan menghargai budaya serta lingkungan di sekitarnya. Mengembangkan Kemandirian Siswa disini guru harus berperan dalam mengembangkan kemandirian siswa. Dalam Kurikulum Merdeka, guru membantu siswa untuk belajar secara mandiri, mengatur waktu, dan mengelola sumber daya pembelajaran.ujar Zulmaswan.


Pemerhati pendidikan  Lismardi SPd  MP menambahkan Ada tiga indikator keberhasilan program Merdeka Belajar Yakni partisipasi siswa-siswi dalam pendidikan yang merata, pembelajaran yang efektif, dan tidak adanya ketertinggalan anak didik.

"Ketiga indikator tersebut bisa tercapai antara lain dengan perbaikan infrastruktur dan teknologi pendidikan. Infrastruktur kelas di masa depan harus lebih baik dari hari ini. Kemudian platform pendidikan nasional berbasis teknologi juga harus berjalan dan yang paling utama disini kita beri kesempatan untuk guru keleluasaan menggunakan berbagai perangkat ajar sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Aplikasi yang menyediakan berbagai referensi bagi guru juga akan digunakan supaya guru bisa mengembangkan praktik mengajar secara mandiri. Terang sekretaris PGRI Kuansing

Maka dengan di peringati hari Guru Pada hari ini kita berharap kepada guru khususnya guru-guru di kabupaten Kuantan Singingi ini sebagai pilar proses pendidikan dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran di kelas berguna untuk meningkatkan ketrampilan belajar siswa, dan peka terhadap perkembangan teknologi guna meningkatkan minat motivasi minat dan kualitas belajar mengajar intinya guru harus banyak belajar sambil mengajar pangkas Lismardi

Berita Lainnya

Index