Resmikan Pemakaian Gedung SD Negeri 16 Siaparayo

Bupati Pasaman Sabar AS Sebut Pembangunan SDM Membutuhkan Kolaborasi Dari Semua Pihak

Bupati Pasaman Sabar AS Sebut Pembangunan SDM Membutuhkan Kolaborasi Dari Semua Pihak
Bupati Pasaman Sabar AS foto bersama dengan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat usai peresmian gedung SDN 16 Siparayo, Kecamatan Tigo Nagari, Sabtu (2/12/2023). SDN 16 Siparayo

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) Pasaman yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi menuntut kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak.

"Pemkab Pasaman jelas memiliki keterbatasan-keterbatasan," kata Bupati Sabar saat meresmikan pemakaian gedung SD Negeri 16 Siparayo di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Sabtu (2/12/2023). Dalam kesempatan itu juga dilakukan pisah sambut dengan relawan guru muda.

Kendati disungkup oleh berbagai keterbatasan, menurut Sabar, Pemkab Pasaman sejauh ini telah menelurkan sejumlah kebijakan yang dinilai memiliki keberpihakan yang nyata untuk pembentukan SDM Pasaman yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi.

Program wajib belajar (wajar) 12 tahun yang disertai dengan kebijakan pendidikan gratis, ditambah bantuan beasiswa bagi anak-anak tidak mampu untuk menyambung ke perguruan tinggi, kata Sabar, merupakan bukti komitmen yang kuat dari Pemkab Pasaman untuk pembentukan SDM berkualitas dan berdaya saing.

"Tapi dipastikan itu semua belum cukup," tambah mantan anggota DPRD Sumbar itu. Tuntutan terhadap pendidikan yang baik dari masyarakat juga terus meningkat seiring dengan kian membaiknya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.

Makanya, Bupati Sabar menyatakan memberi apresiasi yang tinggi disertai dengan ucapan terimakasih kepada Bank Mega dan CT Arsa Foundation yang telah membantu merekonstruksi SDN 16 Siparayo, sekaligus melengkapi semua fasilitas yang diperlukan.

Sekadar informasi, rekonstruksi SDN 16 Siparayo dibantu sepenuhnya oleh Bank Mega dan CT Arsa Fondation. Usai dilakukan rekonstruksi, bangunan SD itu kembali berdiri megah dengan fasilitas yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan sebelumnya.

Rekonstruksi terhadap bangunan SD itu dilakukan karena sekolah itu termasuk yang mengalami rusak parah usai dihantam oleh bencana gempa bumi yang melanda Pasaman pada awal 2022 lalu.

Bank Mega dan CT Arsa Foundation merupakan perusahaan milik pengusaha nasional Chairul Tanjung. "Pak Chairul Tanjung merupakan salah seorang pengusaha asal Sumatera Barat yang tergolong sukses di tingkat nasional," kata Bupati Sabar.

Pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian di zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sabar menilai perhatian Chairul Tanjung sangat besar terhadap Sumbar, khususnya kepada Pasaman.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada Pak Chairul Tanjung dan isteri," kata Sabar, sambil berharap.kepedulian dari pihak-pihak lain untuk membantu pembangunan bidang pendidikan di daerah tersebut

Berita Lainnya

Index