Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM

Hadiri Langsung Rakornas Investasi Bersama Presiden Joko Widodo

Hadiri Langsung Rakornas Investasi Bersama Presiden Joko Widodo

JAKARTA(JANGKARNEWS.COM)_Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM hadiri langsung pada Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 yang dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo di The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Mendengar arahan Presiden Joko Widodo terkait investasi, dalam kesempatan tersebut   menyampaikan bahwa berbicara terkait Investasi, yang namanya investor, itu jadi rebutan semua negara.

Karena semua negara ingin ada capital inflow, ada arus modal masuk semuanya. Karena kalau enggak ada tambahan arus modal masuk, perputaran uang maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Oleh sebab itu, jangan sampai kita ada yang mempersulit. Saya tidak mau dengar lagi ada yang mempersulit, baik di pusat maupun di daerah, baik di pusat, di provinsi, di kabupaten maupun di kota. Semuanya jangan sampai ada yang mengganggu ini, karena kepercayaan itu sudah kita peroleh, trust-nya sudah kita peroleh."tegas Jokowi".

Dengan demikian, Jokowi berharap kita tidak bisa bermain-main lagi terkait investasi. Karena pembangunan negeri maupun daerah tidak cukup hanya dengan keuangan pemerintah maupun daerah, melainkan perlunya investasi dari para investor baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Selanjutnya terkait Hilirisasi dalam menambah nilai investasi, orang nomor satu di Indonesia tersebut juga menegaskan agar kita harus memperoleh dan mengejar nilai tambah dengan perbanyak ekspor dalam bentuk mentah, baik ekspor nikel ataupun ikan.

Menanggapi arahan Jokowo tersebut, Dr Kamsol menyampaikan bahwa investasi yang dicanangkan Pemerintah pusat pada Tahun 2022, sangat sejalan dan sudah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kampar.

Kamsol menambahkan, bahwa dirinya sangat optimis dengan mempermudah masalah perizinan usaha akan mengundang banyak investor untuk menanamkan modal dan berusaha di kampar.

Dengan demikian, Kamsol menegaskan kepada OPD yang menangani bidang tersebut, harus melakukan pengawasan dan dikawal oleh bidang yang bertanggung jawab pekerjaan tersebut sesuai arahan bapak presiden."tutur Kamsol".

Sementara itu Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa tema dalam rakor tersebut adalah "Hilirisasi dan Kemitraan untuk Investasi Berkeadilan".

Untuk di ketahui, Indonesia saat ini sesuai dengan hasil catatan Kementrian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), bahwa menargetkan Investasi di Indonesia tahun 2022 sebesar Rp 1.200 triliun lebih.

Dimana hingga akhir kuartal III-2022, pencapaian realisasi investasi telah mencapai Rp 894 triliun atau 74,4% dari target yang telah ditetapkan. Untuk ke depan juga masih sangat perlu Investor dalam pembangunan Negeri.

Selanjutnya dalam Rakor tersebut dilakukan juga diskusi panel dengan pemateri antara lain, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan terkait Peningkatan Nilai Tambah dan perbaikan Ekosistim Investasi, kemudian Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam Pemerataan Investasi dan Perubahan Peraturan Daerah Bagi Kemudian Berusaha di Daerah.

Selanjutnya dari Men PAN-RB Abdullah Azwar Anas terkait Reformasi Birokrasi Melalui Digitalisasi Layanan Publik Bagi
Percepatan Perizinan Berusaha di
Daerah, serta Menteri ESDM RI Arifin Tasrif terkait Hilitisasi Sumber Daya Alam untuk Investasi Berkelanjutan.

Selain Pj Bupati Kampar, turut mendampingi langsung rakor tersebut Kadis DPM PTSP Kampar Hambali, Kadis Kominfo dan Persandian Kampar Yuticho Efril,S.STP, dan Kabag Protokol Irwan HR.

Berita Lainnya

Index