Canangkan Gerakan Menanam 1000 Pohon Kelor

Menko PMK RI di Dampingi Pj Bupati Kampar Tanam Kelor di Universitas Pahlawan

Menko PMK RI di Dampingi Pj Bupati Kampar Tanam Kelor di Universitas Pahlawan
Menteri Muhadjir didampingi Penjabat Bupati Kampar, Kamsol Saat Melakukan Penanaman Pohon Kelor

KAMPAR(Jangkarnews.com)_Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy melakukan penanaman Pohon Kelor dalam kunjungannya ke Kampar, Rabu (7/11/2022).

Penanaman Pohon Kelor dilaksanakan di Universitas Pahlawan, Bangkinang Kota. Ini merupakan rangkaian pencanangan gerakan menanam 1000 Pohon Kelor.

Menteri Muhadjir didampingi Penjabat Bupati Kampar, Kamsol dan Rektor Universitas Pahlawan, Amir Lutfi dalam penanaman itu. Beberapa pejabat juga ikut. Gubernur Riau yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan SDM, Yurnalis Basri.  

Menurut Muhadjir, Pohon Kelor memiliki beberapa manfaat. Tumbuhan ini berfungsi sebagai pelindung tanaman jangka pendek. Tanaman lain dapat ditanami di celah-celah Kelor.

Selain itu, daun Kelor bermanfaat bagi asupan gizi bagi masyarakat. Ia sendiri rajin mengkonsumsi daun Kelor yang mengisi menu makanan sehari-harinya.

"Di rumah dinas saya, saya tanami Pohon Kelor. Terbukti ini sangat berkhasiat. Buktinya, alhamdulillah sampai hari ini saya sehat-sehat saja," ujar Muhadjir usai acara penanaman.

Menurut dia, penanaman pohon sangat perlu digalakkan untuk membangun sikap mental menanam. Sebab, menumbuhkan kesadaran untuk menanam perlu waktu lama. Masyarakat masih lebih suka menebang.

Sementara Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM menyatakan bahwa Kelor merupakan salah satu usaha keluarga di Kampar dan ini telah kita lakukan promosi terhadap hasil turunan Kelor.

Semoga dengan penanaman ini makin membangkitkan ekonomi masyarakat yang mungkin dapat menjadi penggerak ekonomi baru bagi masyarakat kecil terutama keluarga yang selama ini di Bina oleh TP-PKK Kabupaten Kampar " Kata Kamsol

Berita Lainnya

Index