Persiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polres Inhu Zoom Meeting Bersama Asisten Operasi Kapolri

Polres Inhu Zoom Meeting Bersama Asisten Operasi Kapolri

INHU(Jangkarnews.com)_Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu, Polda Riau, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2022 dan peringatan tahun baru 2023 (Nataru) bersama Asisten Operasi (As Ops) Kapolri via zoom meeting.

Rakor daring yang dipimpin Kabaharkam Polri, Komjen Pol Dr. Drs. Arief Sulistyanto M.Si, didampingi As Ops Polri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. S.H S.I.K., M.Si dan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H dan dihadiri oleh stakeholder terkait, Senin, 19 Desember 2022 pagi.

Sementara, di Mapolres Inhu, Rakor diikuti oleh Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si, Bupati Inhu yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita, S.K.M., M.Si, Sekertaris Pengadilan Negeri Rengat, Harry kurniawan. S.Ip, Analis Penuntutan Kejaksaan Inhu Verdian Rifansyah, S.H.

Kemudian, Staf Perdagangan Disperindag Kabupaten Inhu, M. Putra, Batuud koramil 01/Rengat, Pelda Maslan Pohan, Jasa Raharja Rengat, Haris A, Staf Yankes Pemkab Inhu Tetty E.S, perwakilan Satpol PP Inhu, Sopuadi, S.E, perwakilan Diskominfo Inhu, Haryo Gunawan, para Kabag, para Kasat, Para Kapolsek dan jajaran Polres Inhu.

Kabaharkam Polri, dalam Rakor itu mengucapkan terima kasih pada peserta rapat yang dilaksanakan secara virtual. Rakor tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan sinergitas dan kolaborasi stakeholder dalam menghadapi kesiapan pengamanan Nataru.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap berbagai permasalahan yang akan dihadapi secara proaktif, cepat, tepat dan benar. "Kesuksesan pengamanan Idul Fitri lalu merupakan salah satu pencapaian yang baik, ini tidak terlepas dari perencanaan pengamanan yang baik pula," imbuhnya.

Selanjutnya, As Ops Kapolri dalam arahannya mengatakan, sasaran operasi pengamanan yang meliputi potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat kelancaran operasi. Target operasi itu adalah, orang, tempat, benda dan kegiatan. Struktur organisasi terpusat, yakni Operasi Lilin tahun 2022.

Adapun kekuatan personel yang akan dilibatkan,  Polri 101.092 personel, TNI 16.279 personel, instansi lain 47.210 orang, masyarakat 2.210 orang, dengan strategi pengamanan, yakni antisipasi pengaman gereja dan antisipasi pengaman tempat wisata dan tempat keramaian.

Dalam Kesempatan tersebut, Kapolres Inhu beserta unsur terkait ikut menyampaikan beberapa hal, ucapan terima kasih kepada para peserta rapat yang hadir, tak lama lagi, akan dilaksanakan operasi pengamanan Nataru, dengan sandi Operasi Lilin, selama 11 hari, gelar pasukan pada 22 Desember 2022 mendatang.

Dijelaskan Kapolres, nantinya akan dilaksanakan pengamanan pada dua agenda, yakni pengamanan Natal dan tahun baru, dimana, pengamanan tersebut difokuskan pada gereja-gereja di wilayah Kabupaten Inhu, serta pengamanan  tempat hiburan ketika tahun baru 2023.

Sesuai standar operasi, lanjut Kapolres, pengamanan harus terfokus pada orang, tempat, benda dan kegiatan, sehingga setiap orang dapat merasakan keamanan terkait perayaan Nataru. "Mari sama-sama kita ciptakan situasi yang aman dan kondusif selama kegiatan tersebut," kata Kapolres.

Berita Lainnya

Index