Terkait Unjuk Rasa Warga Kepada PT SAL

Sekda Kampar Langsung Tinjau Lokasi Temui Masyarakat

Sekda Kampar Langsung Tinjau Lokasi Temui Masyarakat

KAMPAR(Jangkarnews.com)_Terkait adanya Permasalah lahan ulayat warga setempat  dengan Perusahaan, hari ini Rabu (1/2/2023) terjadinya unjuk rasa warga ke perkebunan Sawit PT. Sharindo Agri Lestari (SAL) yang berada di Desa Kepau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, mendengar hal tersebut Pj Bupati Kampar Dr. H.Kamsol, MM diwakili Sekretaris Daerah Kampar Drs. H. Yusri, M.Si langsung tinjau lokasi unjuk rasa tersebut untuk melihat langsung apa yang menjadi titik pokok permasalahan antara masyarakat dengan pihak perusahaan.

Saat ini kita akan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi, Apa yang diperjuangkan oleh masyarakat harus punya bukti, apa yang mau dipertahankan oleh perusahaan harus ada bukti."ungkap Sekda

Didepan warga yang melakukan unjuk rasa, Yusri Sampaikan beberapa point dalam tahap penyelesaian atas konflik tersebut diantaranya Pemerintah Kabupaten Kampar akan melakukan musyawarah dengan pihak yang berkepentingan baik itu dari perusahaan, ninik mamak atau masyarakat dan Pihak terkait lainnya yang insya allah akan di selenggarakan setelah pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Kampar


Selanjutnya Sekda berharap setelah ini tidak ada lagi masyarakat  yang ada di dalam perusahaan, semuanya harus pulang ke rumah masing masing dan kepada perusahaan dapat untuk melanjutkan pekerjaannya.

Dirinya juga berharap Kepada Ninik Mamak Kenegerian Buluh Nipis yang dituakan di daerah tersebut agar membawa masyarakatnya untuk pulang ke rumah masing-masing, tidak ada lagi melakukan unjuk rasa, masyarakat semuanya harus pulang ke rumah masing masing, sehingga nantinya tidak ada terjadi hal hal yang tidak kita inginkan.

Terkait dengan data, dokumen masing-masing yang dapat di pertanggungjawabkan atas hak kepemilikan agar segera di kumpulkan dan dapat diberikan kepada kami sebagai bahan kita nantinya dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Terakhir Sekda Berpesan kepada masyarakat agar masyarakat jangan sampai mendengarkan omongan orang lain yang dapat memperbesar masalah, jangan sampai terjadi keributan, anarkis itu semua akan merugikan kita semua.

Sementara itu, Datuk Maharaja Besar, Kenegerian Buluh Nipis Suardi mengatakan, pihaknya menaruh harapan besar kepada Bupati Kampar untuk dapat membantu menyelesaikan sengketa lahan ulayat warga Kenegerian Buluh nipis dengan PT SAL yang sampai saat ini pihak perusahaan hanya memberikan harapan, setiap pertemuan pihak perusahaan terus katakan kami akan hibahkan, sampai sekarang masih belum direalisasikan kepada kami.

Dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi Sekda Kampar yakni Kapolres Kampar Didik Priyo Sambodo,  Waka Polres Kampar Rahmat, Plt Kasatpol PP Kampar Ahmad Zaki, Kaban Kesbangpol Mahadi, Camat Siak Hulu Rahmat Fajri

Berita Lainnya

Index