Komitmen Tingkatkan Pelayanan Posyandu

Pj Sekda Kampar Ramlah Launcing Lomba Pos Yandu Tingkat Kabupaten Kampar

Pj Sekda Kampar Ramlah Launcing Lomba Pos Yandu Tingkat Kabupaten Kampar
Pj Sekda Kampar Ramlah Saat Launching Lomba Pos Yandu Se_Kabupaten Kampar

KAMPAR(Jangkarnews.com)_Komitmen untuk Meningkatkan Pelayanan Posyandu, Pj Sekda Kampar menggelar serta membuka secara resmi lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kampar yang diselenggarakan di Desa Suka Mulya Kecamatan Bangkinang, Senin (21/8/2023)

Tampak hadir, Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan yang Popy Rahmadini, Camat Bangkinang Drs.Darusmar, Kapus Laboy Jaya Mona Arioza, S.TR, Keb, Kepala Desa Suka Mulya Sugianto, Babinsa, Kader PKK Desa Suka Mulya dan Kader-Kader Posyandu Desa Suka Mulya serta tamu undangan Lainnya.

Lomba Posyandu ini diikuti oleh seluruh Posyandu yang ada di kabupaten Kampar, bertujuan untuk meningkatkan memotivasi Kader Posyandu Dalam Melaksanakan Kegiatan Utama Dalam Melayani Masyarakat serta Meningkatkan Motivasi Kader Posyandu Dalam Berinovasi Untuk Meningkatkan Capaian Kunjungan Masyarakat Khusu Ibu dan Balita.

Adapun Kriteria Penilaian Pada Lomba Posyandu ini yaitu, Kelengkapan Administrasi dan sarana, Keaktifan Kader Posyandu, Cukupan Program Kegiatan Posyandu, Inovasi Posyandu serta Kebersihan dan Pemanfaatan Pekarangan.

Dalam hal tersebut, Pj Sekda Kampar Ramlah, SE, M.Si mengatakan bahwa Posyandu Merupakan salah satu upaya kesehatan bersumber daya masyarakat potensial yang mempunyai peran dan Fungsi dalam mendukung upaya peningkatan Pelayanan kesehatan dasar di tingkat desa dan Kelurahan.

“Program ini merupakan wujud integrasi swadaya masyarakat, Posyandu dangat penting untuk membangun sumber daya manusia (SDM) tingkat desa dan kelurahan.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, Posyandu memang harus berbenah diri dan beradaptasi dengan perubahan zaman, kapasitas para kader harus ditingkatkan, sarana dan prasarana posyandu perlu dipenuhi, mutu layanan perlu ditingkatkan dan perlu di modernisasi.

“Posyandu juga mempunyai peran sangat penting dalam upaya penurunan stunting dan menargetkan Kabupaten Kampar di Bawah standar Prevelensi Stunting 14 Persen di tahun 2024.”ungkapnya.”

“Untuk itu pelayanan kesehatan untuk masyarakat harus tetap di selenggarakan setiap hari dan Peran PKK serta unsur lainnya perlu terus didorong sebagai upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kampar.”tegasnya.”

Ia juga menambahkan, selain Puskesmas Posyandu harus memiliki peran yang sangat penting khususnya Posyandu Prima, dengan adanya posyandu prima ini masyarakat diharapkan dapat melakukan Skrining Kesehatan awal sehingga jika ditemukan Anomali Akan ditindak lanjuti di Puskesmas.

“Saya berharap, Perlombaan Posyandu ini bisa memberikan motivasi kepada para kader agar dapat lebih aktif dan lebih giat dalam Peningkatkan pelayanan Posyandu serta Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu yang ada di Kabupaten Kampar.”tutupnya.”

Dalam laporannya, Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Poppy Rahmadini mengatakan bahwa ada lima Program Prioritas yang dilakukan oleh Posyandu Yaitu KB, KIA, Gizi, Imunisasi dan Peningkatan Pola Hidup Sehat.

“Dengan Program tersebut terbukti dapat menurunkan angka Kematian Bayi dan Balita, Partisipasi Masyarakat dalam mendukung terlaksananya posyandu ini sangat penting karena Pelayanan Kesehatan di Posyandu dapat mencegah dan mendeteksi sedini mungkin dan hambatan Pertumbuhan pada Balita.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, Fungsi Posyandu adalah Pertama Sebagai Wadah Bertukar Informasi, Yang Kedua Mendekatkan Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat, Yang Ketiga, Sebagai Upaya mewujudkan masyarakat yang sehat, yang Kelima untuk memantau Kesehatan Ibu dan Anak.

Sebagai Informasi, Tanggal 29 April Setiap Tahunnya Diperingati Sebagai Hari Nasional. Tahun 2023 ini Hari Posyandu sudah yang Ke-39 Tahun.

“Posyandu telah menjadi salah satu garda terdepan dalam mendukung Program Pemerintah di Bidang Kesehatan Masyarakat.”tutupnya.”

Berita Lainnya

Index