Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Wabup Pasaman Sabar AS Sebut Pemuda Adalah Penggerak Pembangunan

Wabup Pasaman Sabar AS Sebut Pemuda Adalah Penggerak Pembangunan
Wabup Pasaman Sabar AS menjadi irup peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tingkat Pasaman di Nagari Cubadak Timur, Kecamatan Duo Koto, Sabtu (28/8/2023)

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS mengatakan bahwa para pemuda merupakan elemen utama untuk menggerakkan roda pembangunan di berbagai bidang.

"Nasib bangsa ini ke depan, nasib daerah ini ke depan, antara lain ditentukan oleh generasi muda," kata Wabup Sabar saat menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Nagari Cubadak Timur, Kecamatan Duo Koto, Sabtu (28/8/2023).

Dikatakan Sabar yang mantan anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) itu, para pemuda memainkan peran berbeda sesuai dengan zaman dan kondisi yang melatarbelakanginya.

Ketika negeri ini dijajah oleh kolonial, menurut Wabup Sabar,  tugas pemuda adalah berupaya membebaskan negeri ini dari belenggu penjajahan. "Maka pada saat itu para pemuda mengangkat senjata untuk mengusir penjajah," kata Wabup Sabar.

Ada pula saatnya para pemuda, menurut Sabar, dituntut untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah direbut dengan susah-payah, dengan menelan pengorbanan nyawa dan harta benda yang tidak sedikit.

Di zaman kemerdekaan yang telah dijalani bangsa ini 70 tahun lebih, menurut Sabar, tugas elemen pemuda antara lain sebagai elemen utama untuk menggerakkan pembangunan di berbagai bidang.

Tapi, diingatkan Sabar, keikutsertaan pemuda menjadi motor penggerak pembangunan hanya dimungkinkan bila para pemuda memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang qualified dan handal.

Makanya, menurut Sabar, dari 10 program prioritas Pemkab Pasaman, salah satu di antaranya adalah Pasaman Cerdas. "Ini upaya Pemkab Pasaman untuk menciptakan SDM yang mampu menjawab tantangan zaman," katanya.

Peringatan HUT Sumpah Pemuda tahun ini di Pasaman diselenggarakan oleh Karang Taruna Terpadu Nagari Cubadak Timur, yang diikuti oleh sejumlah komponen pemuda, para siswa, dan undangan lainnya

Berita Lainnya

Index