Pemkab Pasaman Terima Penghargaan Dari Ombudsman RI, Bupati Sabar AS : Buah dari Komitmen Yang Kuat

Pemkab Pasaman Terima Penghargaan Dari Ombudsman RI, Bupati Sabar AS : Buah dari Komitmen Yang Kuat
Asisten I Setda Pasaman Teddy Martha (kiri), Plh Sekda Drs Yasri Uripsyah, Bupati Sabar AS dan isteri, Asisten III M. Roni

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia yang baru diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman merupakan buah dari komitmen yang kuat.

"(Penghargaan) ini merupakan buah dari komitmen yang kuat dari Pemkab Pasaman untuk memberikan pelayanan dasar yang baik bagi masyarakat," kata Bupati Sabar di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Selasa (9/1/2024).

Bupati Sabar mengatakan hal itu menyusul setelah Pemkab Pasaman 
yang dipimpinnya kembali memperoleh penghargaan dari Ombudsman RI dengan predikat A, atau kualitas tertinggi atas Prestasi Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik tahun 2023.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Pasaman Sabar AS yang diserahkan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, Yefri Heriani di auditorium Gubernuran Sumbar di Padang, Senin (8/1/2024).

Menurut Bupati Sabar, sesuai dengan visi dan misi daerah, di awal pemerintahan Bupati Benny Utama dan Wakil Bupati Sabar AS salah satu yang menjadi sasaran pembenahan adalah reformasi birokrasi, termasuk di dalamnya pelayanan dasar.

"Karena ini menyangkut kepentingan orang banyak, maka mendesak untuk dilakukan," katanya. "Dan komitmen tentang itu terus diaplikasikan dalam praktek-praktek pemerintahan sehari-hari," kata Bupati Sabar.

Dimulai ketika Pemkab Pasaman dipimpin Bupati Benny, "Buah dari komitmen itu di antaranya bisa diterima saat ini," tambah mantan anggota DPRD Sumbar itu.

Sabar menilai prestasi kali ini sangat membanggakan dibandingkan dengan prestasi-prestasi serupa yang pernah diterima tahun-tahun sebelumnya. "Karena terjadi peningkatan nilai yang cukup signifikan," katanya.

Sabar mengatakan prestasi itu antara lain membuktikan bahwa para ASN di lingkup Pemkab Pasaman semakin kompeten di bidang tugasnya, terutama tugas-tugas yang terkait dengan pelayanan dasar terhadap masyarakat.

Ditambah hubungan sinergitas dan kolaborasi yang terus membaik antar-OPD terkait, plus dukungan sarana dan prasarana yang diperlukan, menurut Sabar, membuat kualitas pelayanan dasar di Pasaman terus membaik.

Sasaran akhirnya, menurut Bupati Sabar, yaitu bagaimana semua anggota masyarakat di Pasaman bisa mendapatkan pelayanan dasar yang memuaskan, sebagai bagian dari hak mereka selaku warga negara.

Pelayanan-pelayanan dasar dimaksud, sambung Bupati Sabar, seperti pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, kependudukan, pelayanan satu pintu dan lainnya

Berita Lainnya

Index