Tekankan Pengawasan Politik Uang

Bawaslu Pasaman Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang

Bawaslu Pasaman Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang
Kordiv. HPPH Bawaslu Pasaman, Rini Juita memberi sambutan saat Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang jelang Pemilu 2024 di Lubuk Sikaping, Minggu (11/2/2024)

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Menghadapi masa tenang Pemilu 2024, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

"Yang tidak kalah penting lagi adalah berani melaporkan ke Bawaslu kabupaten jika terjadi dugaan praktek money politik alias politik uang," ujar Ketua Bawaslu Pasaman melalui
Kordiv. HPPH Bawaslu Pasaman, Rini Juita.

Rini mengatakan hal tersebut dalam sambutannya saat Bawaslu Pasaman menggelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang jelang Pemilu 2024 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Pasaman di Lubuk Sikaping, Minggu (11/2/2024).

Kegiatan Apel Siaga Patroli Pengawasan merupakan salah satu bentuk kesiapan di dalam menghadapi masa tenang diantaranya penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih banyak di pasang di pinggir-pinggir jalan.

"Termasuk juga guna mensosialisasikan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing," ungkap Rini.

Dikatakan Rini, menghadapi masa tenang Bawaslu Pasaman menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani dan berani melaporkan ke Bawaslu Kabupaten jika terjadi dugaan money politik.

“Kami sudah instruksikan kepada Panwascam dan PKD dalam masa tenang dipastikan mengawasi jika terjadi dugaan money politik dan tidak ada ladi apk apk yang bertebaran,” ucap Rini Juita.

“Kepada jajaran Panwascam dan PKD agar bekerja semaksimal mungkin, dikhawatirkan masih ada politik politik uang yang menghantui masyarakat, tak kala penting juga tetap jaga kesehatan dalam bekerja,” tegas Rini.

Terkait keamanan di masa tenang dan hari pencoblosan, Kapolres Kabupaten Pasaman, AKBP. Yudho Huntoro, SIK., MIK., mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan personil baik dari jajaran Polres ataupun Polsek yang akan diterjun di nagari atau kelurahan dalam pengawalan pemilu damai 2024.

“Kami akan terus berkoordinasi pada pemerintah Kecamatan, Desa/Nagari dan Linmas TPS, terkait keamanan di TPS pada hari pencoblosan sampai acara rekapitulasi,” ujar Kapolres.

Kapolres Pasaman juga berharap, agar terciptanya pemilu yang damai, jangan ada konflik untuk memecah persatuan bangsa, dan ini perlu kerjasama semua pihak yang terkait.

“Diharapkan agar masyarakat jangan sampai terpancing isu oleh pihak pihak yang bisa memecah persatuan, tampung dulu segala informasi, jika memang ada kebenaran lalu laporkan,” harap Kapolres Yudho Huntoro.

Dari pantauan awak media hadir dalam acara tersebut, Bupati Kabupaten Pasaman, Kapolres Pasaman, Dandim 0305, Ketua dan anggota KPU Pasaman, seluruh Panwascam dan PKD se Kabupaten Pasaman.

Selanjutnya dilaksanakan Patroli di sepanjang jalan Arteri Kabupaten Pasaman

Berita Lainnya

Index