Diajang TMMD ke-119

Baznas Pasaman Beri Kontribusi Kongkret Dalam Wujud Seperti Ini

Baznas Pasaman Beri Kontribusi Kongkret Dalam Wujud Seperti Ini
TEKS FOTO: Dari kiri ke kanan: Wakil Ketua IV Baznas Pasaman Irvan, Ketua Asnil dan Wakil Ketua II Yulnedi Malin Mudo S.Sos.

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), merealisasikan sejumlah kegiatan kongkret dalam pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).

TMMD tahun ini di Kabupaten Pasaman merupakan yang ke-119. Kegiatannya dipusatkan di Nagari Simpang Tonang Utara, Kecamatan Duo Koto.

Menurut Ketua Baznas Pasaman H. Asnil M SE MM, untuk menyukseskan kegiatan TMMD itu, Baznas Pasaman ikut ambil bagian dan memainkan peran serta secara aktif.

Wujud kontribusi yang diberikan, menurut Asnil, antara lain membantu pendanaan untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni. "Ada enam unit rumah penduduk di Simpang Tonang Utara yang jadi sasaran kegiatan ini," ungkap Asnil.

Keenam unit rumah penduduk itu, sambung Asnil, merupakan hasil pendataan petugas dari Kodim dan Pemerintahan Nagari Simpang Tonang Utara.

Kontribusi lainnya, terang Asnil, Baznas Pasaman menyalurkan bantuan sembako untuk 20 kepala keluarga (KK) di kenagarian yang sama. Masing-masing paket sembako, terang Aznil, bernilai Rp400.000 untuk setiap KK sasaran.

Asnil berharap, sejumlah bantuan itu diharapkan bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat setempat, terutama anggota masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Ia menyebut bantuan rehabilitasi rumah. Dikatakan, tidak mudah bagi sebagian masyarakat untuk melakukan perbaikan terhadap rumahnya. "Jangankan memperbaiki rumah, untuk memenuhi kebutuhan dasar saja sudah kalang kabut," ungkapnya.

Dengan adanya bantuan rehabilitasi rumah, menurut Asnil, berarti sudah ikut mengurangi beban ekonomi keluarga yang kurang mampu. "Yang menjadi urusan mereka tentu beban-beban di luar itu," ungkap Asnil

Berita Lainnya

Index