Safari Ramadhan Pemda Pasaman Berakhir

Bupati Sabar AS Full Kunjungi 15 Masjid

Bupati Sabar AS Full Kunjungi 15 Masjid

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Genap sudah 15 kali kunjungan tim Safari Ramadhan Pimpinan Bupati Pasaman Sabar AS, mendatangi 15 masjid yang tersebar di 12 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Pasaman, pada ramadhan 1445 hijriyah tahun ini.

Masjid yang dikunjungi pun beragam. Ada yang besar dan bagus serta dekat dari pinggir jalan, namun ada juga masjid yang letaknya jauh di pelosok, berukuran kecil serta kondisinya belum siap, masih dalam tahap pengerjaan.

Tempat berwudhu masjidnya juga banyak type dan class. Ada tempat wudhu yang sudah keramik, dilapis granit dengan kran air yang bagus, namun ada yang masih berpencuran air 'banda' dan malah ada yang masih berwudhu ke sungai dekat masjid.

Namun, dari keseluruhan masjid yang dikunjungi Tim 1 Pimpinan Bupati Pasaman, tidak pernah satu kali pun diwakilkan. Secara physik Bupati Sabar AS hadir langsung, walau dalam kondisi cuaca ekstrim atau harus menempuh kondisi jalan yang rutenya ekstrim, berlumpur dan berbatu, menyusuri hutan.

Dan tadi malam, Sabtu (6/4) safari ibadah Tim Safari Ramadhan Khusus (TSRK) dan TSR Reguler Pemda Kabupaten Pasaman, resmi berakhir, di Masjid Muhajirin Kampung Padang Alai, Jorong Petok, Nagari Panti Selatan.

TSR malam terakhir ini menyertakan rombongan besar Pemkab Pasaman, mulai dari Bupati, Sekda, para asisten, staf Ahli, kepala dinas, badan, kantor dan berapa orang kepala bagian, 'plus' Pimpinan Cabang Bank Nagari.Lubuk Sikaping, Direktur RS Tuanku Rao, Baznas dan PMI Pasaman.

Sedangkan dari pihak kecamatan, hadir lengkap Camat Panti beserta forkopimcam, Kepala KUA, Korwil Pendidikan, Kepala UPTD Puskesmas, para kepala sekolah, wali nagari serta kepala jorong se-Nagari Panti Selatan.

Dari pihak tuan rumah sendiri, hadir kepala kampung Padang Alai, tokoh masyarakat Petok, tokoh agama, kaum ibu serta pemuda setempat.

Kedatangan TSRK Pemda Pasaman di Masjid Muhajirin Padang Alai, Petok, disambut antusias warga. Masjid yang berukuran tidak besar itu, penuh sesak dipadati jamaah. Malah shaff jamaah wanita terpaksa digeser ke teras bagian belakang, lantaran jamaah laki-laki sudah memadati bagian dalam masjid.

Saat berbuka puasa tak kalah serunya. Masyarakat menjamu tamunya dengan penuh suka cita, dengan menghidangkan aneka takjil dan jamuan berbuka puasa yang lezat di salah satu rumah warga.

Bupati Pasaman Sabar AS dalam pesan singkatnya di Masjid Muhajirin mengingatkan bahwa ukhuwah harus terus dijaga, termasuk antara Pemerintah Kabupaten, kecamatan dan nagari, juga dengan masyarakat.

"Nilai-nilai ukhuwah islamiyah ini yang diperoleh selama pelaksanaan safari ramadhan dan hal itu harus terpelihara dengan baik," kata bupati.

Kepada masyarakat, Bupati Sabar AS mengingatkan, pembinaan keamanan dan ketaqwaan untuk membentuk kepribadian serta akhlak anak, harus menjadi perhatian para orang tua.

"Pembentukan karakter anak dan remaja, merupakan tanggung bersama, termasuk pemerintah daerah dengan program prioritas Pasaman Berimtaq, Pasaman cerdas serta Pasaman Sehat yang dianggarkan puluhan milyar rupiah dalam APBD Kabupaten Pasaman," jelas bupati.

"Tingkatkan kebiasaan sholat subuh berjamaah di masjid, maghrib mengaji, kalau bisa shalat lima waktu dan aktifitas keagamaan lainnya, dilaksanakan secara rutin di masjid," pinta bupati.

Disampaikan juga, mulai tahun ini Pemda Pasaman meluncurkan Program Satu Nagari Satu Guru Tahfidz yang dibiayai APBD Pasaman tahun 2024. Program ini untuk menstimulan terbentuknya kampung Darul Alquran di setiap nagari di Kabupaten Pasaman.

Seperti biasanya, anak-anak yang rajin ke masjid, langsung diberi reward THR oleh Bupati Pasaman.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Monang Harahap, SPd dalam kata sambutannya menyatakan bahwa masyarakat Padang Alai Petok siap mendukung program Pasaman berimtaq, mulai subuh berjamaah, Tahfiz Quran maupun thaharah masjid.

Di Masjid Muhajirin, Bupati Pasaman kembali menyerahkan bantuan Rp.20 juta, karpet shalat dan Alquran, ditambah bantuan Bank Nagari serta santunan Baznas Pasaman untuk para lansia dan fakir miskin

Berita Lainnya

Index