Pastikan Situasi Rumah yang Ditinggal Mudik Aman

Kapolres Rohul Turun Langsung ke Pemukiman Warga

Kapolres Rohul Turun Langsung ke Pemukiman Warga

ROHUL(Jangkarbews.com)_Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi setiyono bersama jajarannya melaksanakan patroli ke rumah-rumah penduduk yang ditinggal mudik lebaran oleh pemiliknya, pada Senin (8/4/2024) malam.

Patroli yang menggunakan sepeda motor itu dilakukan di dua titik, yaitu di Desa Koto Tinggi dan Dusun Lenggopan, Kecamatan Rambah. Selain mengecek perumahan, Kapolres bersama jajarannya juga menyisir tempat perbelanjaan yang berada di seputar Kota Pasir Pengaraian.

Di lokasi pengecekan, Kapolres AKBP Budi menjelaskan, bahwa patroli ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya tindakan kriminal di rumah-rumah yang ditinggal kosong oleh pemiliknya selama musim mudik lebaran.

"Kita ingin memastikan serta memberikan perlindungan maksimal bagi warga yang sedang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman," kata AKBP Budi di lokasi patroli.

Terlihat, pucuk pimpinan tertinggi di Mapolres Rohul itu memeriksa satu persatu kondisi rumah kosong, memastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik, serta melakukan pemeriksaan terhadap lingkungan sekitar rumah untuk mengantisipasi adanya potensi tindak kejahatan.

Budi menegaskan pentingnya kerjasama antara polisi dan masyarakat dalam menjaga keamanan selama masa Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024.

Tak lupa, Budi juga mengimbau kepada pemilik rumah yang meninggalkan rumahnya untuk selalu memberikan informasi kepada tetangga atau polisi RW terkait keberadaan rumah kosong mereka selama mereka berada di luar kota.

"Dalam patroli ini kita ingin memastikan situasi tetap aman dan nyaman. Sehingga masyarakat yang mudik maupun yang tidak mudik benar-benar tenang saat merayakan Idul Fitri nanti," ujar AKBP Budi.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Koto Tinggi, Suroto, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak kepolisian yang sudah berkenan mengecek lingkungannya.

"Jujur saya kaget soalnya banyak polisi datang. Ternyata ngecek situasi lingkungan kami. Saya baru tahu ternyata yang turun itu pak kapolres Rohul rupanya. Saya sangat senang lingkungan kami diperhatikan pihak kepolisian," ujar Suroto di lokasi pengecekan.

Suroto juga berharap patroli yang dilakukan pihak kepolisian bisa berlanjut ke depannya demi keamanan lingkungan

Berita Lainnya

Index