Waspada Seekor Beruang Madu Dewasa Berkeliaran di Kawasan Hutan Kota Pasir Pangaraian Rohul

Waspada Seekor Beruang Madu Dewasa Berkeliaran di Kawasan Hutan Kota Pasir Pangaraian Rohul

ROHUL(Jangkarnews.com)_Seekor beruang madu dewasa berwarna hitam tiba-tiba muncul melintas di sekitaran Komplek Perkantoran Bina Praja Pemda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Km 4 Pasir Pengaraian, Jumat (14/6/2024) petang sekitar pukul 15.00 WIB.

Hewan satwa liar yang dilindungi itu, terlihat jelas oleh sejumlah warga yang sedang melakukan aktivitas olahraga lari di Komplek Perkantoran Bina Praja Pemda Rohul

Munculnya hewan omnivora itu sempat membuat warga panik dan ketakutan, ketika melihat beruang madu yang berukuran besar, warna hitam melintas dari belakang Kantor UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohul yang berada di Komplek Perkantoran Bina Praja Pemda melintas ke arah Hutan Kota Pasir Pengaraian

Kebetulan jarak Kantor UPT Laboratorium DLH Rohul sekitar 20 meter atau berhadapan langsung dengan hutan kota Pasir Pengaraian yang telah berpagar besi seluas 6,97 hektar tepatnya di belakangan Kantor Bupati Rohul.

Tak hanya warga yang sedang beraktivitas olahraga, para pegawai yang akan pulang dari kantor ke rumah pada pukul 16.00 WIB sempat dihantui rasa takut dengan mengetahui informasi keberadaan beruang madu masuk ke dalam kawasan hutan kota.

Bahkan sejumlah warga dengan berani merekam keberadaan beruang madu yang masuk ke dalam kawan hutan Pasir Pengaraian. Termasuk personil BPBD Rohul langsung menuju lokasi hutan kota untuk memastikan keberadaan beruang madu warna hitam.

Kebetulan hutan Kota Pasir Pengaraian lokasinya berseberangan dengan Kantor BPBD Rohul dan bersebelahan dengan Kantor UPT Laboratorium Lingkungan DLH Rohul.

Terpantau sekitar pukul 16.40 WIB, sejumlah pegawai UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rohul bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Rohul Boy Arta SIP turun ke lapangan memastikan, warga yang berada di sekitar Hutan Kota Pasir Pengaraian untuk keluar, karena adanya beruang madu berwarna hitam memasuki kawasan hutan kota di belakang kantor bupati Rohul

Kalaksa BPBD Rohul H Ridarmanto SIP melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Rohul Boy Arta SIP saat dikonfirmasi media Jumat (14/6/2024) petang membenarkan seekor beruang madu berwarna hitam dengan tubuh besar melintasi dari Kantor UPT Laboratorium DLH Rohul menuju hutan kota Pasir Pengaraian.

'’Informasi dari warga yang sedang beraktifitas olahraga jumat sore tadi, melihat beruang madu itu sedang memakan buah cempedak yang berada di belakang Kantor UPT Laboratorium Lingkungan. Ketika dibunyikan klakson motor, beruang itu lari menuju arah hutan Kota Pasir Pengaraian persisnya di belakang kantor Bupati Rohul,’’ ujarnya.

Diakuinya, saat beruang madu hutan itu masuk ke hutan kota Pasir Pengaraian, dirinya bersama Anggota Polhut dengan gerak cepat meminta pengunjung hutan kota yang ada saat itu, diminta keluar untuk mengantisipasi tidak terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

'’Kita turun memantau, kebetulan keberadaan hutan kota pasir pengaraian berseberangan dengan Kantor BPBD Rohul. Keberadaan beruang madu sudah direkam videoncam, hingga pukul 18.00 WIB masih berada di dalam kawasan hutan kota Pasir Pengaraian,’’ ujarnya.

Boy mengatakan, BPBD telah berkoordinasi dengan Kasatpol PP Rohul terkait penutupan sementara kawasan hutan kota Pasir Pengaraian, sehubungan dengan keberadaan beruang madu. Disamping melakukan koordinasi dan menyurati Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau untuk turun ke Rohul melakukan penangkapan terhadap satwa liar yang di lindungi itu.

'’Kita imbau kepada masyarakat Rohul untuk sementara tidak berkunjung ke Komplek perkantoran Bina Praja Pemda Rohul, menjelang tertangkapnya beruang madu yang hingga saat ini keberadaannya masih di Hutan Kota Pasir Pengaraian,’’ terangnya.

Ditambahkannya, personil BPBD dan Satpol PP Rohul masih berjaga di dekat kawasan Hutan Kota Pasir Pengaraian, agar masyarakat tidak melintas di kawasan itu, guna mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan

Berita Lainnya

Index