Hadiri Rapat TP2DD Tahun 2022 di Jakarta

Pj Bupati Kampar Terima Penghargaan TP2DD Terbaik Kedua di Indonesia

Pj Bupati Kampar Terima Penghargaan TP2DD Terbaik Kedua di Indonesia
Pj Bupati Kampar H Kamsol MM Saat Foto Bersama

JAKARTA(Jangkarnews.com)_Pj.Bupati Kampar Dr. H. Kamsol. MM . Menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Tahun 2022 di Hotel Meridien Jakarta. Selasa (6/12).

Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM usai menerima penghargaan menyatakan terimakasih kepada Pemerintah RI yang telah memberikan penghargaan ini kepada pemerintah Kabupaten Kampar " Kata Kamsol.

Penghargaan ini bukti kerja keras dan kesungguhan pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang berbasis elektronik, banyak yang telah kita terbitkan aplikasi semua ini untuk efektifitas, efisiensi dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat " Kata Kamsol lagi.

Hadir Dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, Menteri Komunikasi Dan Informatika Johnny Gerard Plate. Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mohammad Mahfud MD, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo,  Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Perwakilan BI Riau Muhammad Nur.

Dalam Sambutan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato Menyampaikan bahwa Ekonomi global tahun ini diperkirakan melambat di tahun 2022 ,Untuk Sebagai catatan para Walikota , Gubernur Dan Bupati untuk membantu mengantisipasi penurunan di 11 sektor , terutama sektor yang padat karya . Jadi Digitalisasi menjadi sangat penting dan kami mohon kepada daerah untuk terus mendorong digitalisai ini.

Ia juga mengatakan untuk mendorong Digitalisasi Daerah Penerapan digitalisasi dalam transaksi keuangan daerah berdampak positif dalam pendapatan daerah sekaligus pengelolaan ekonomi dan keuangan daerah , Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) , Peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah . Optimalisasi Pendapatan dan Realisasi Belanja Daerah di masa krisis berdasarkan IETPD.

Selanjutnya Airlangga Hartarto juga mengungkapkan perluasan implementasi mendorong inovasi & implementasi digitalisasi PD (Pajak Daerah) dan RD (Retribusi Daerah) yang diprioritaskan pada Perda kategori Maju. (Lewat pemanfaatan berbagai kanal digital dan penguatan kelembagaan di 2021, 76 Pemda kategori Maju dan Berkembang berubah menjadi Digital)

Mengko Perekonomian itu juga menyampaikan penguatan koordinasi dan sinergi   mendorong transformasi BPD dalam penyediaan pelayanan kanal digital mendorong 34 Perda tingkat Provinsi bekerja sama dengan termasuk sinergi dengan Sistem informasi Pengelolaan Keuangan Daerah.

Penguatan monitoring dan Evaluasi Penguatan Survei Indeks (ETPD), Penguatan dilakukan melalui penajaman quisioner, peningkatan efektivitas SIP2DD.

Sementara itu  Mentri Komunikasi Dan Informatika Johnny Gerard plate Memberi Paparan Mengenai Implementasi Pemerintahan Digital di Indonesia melalui program Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) adalah inisiasi yang dilakukan lintas beberapa Kementerian/Lembaga termasuk melalui Satgas di tingkat nasional serta Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di tingkat daerah untuk mempercepat implementasi digitalisasi transaksi keuangan daerah di Indonesia.

Ia juga menyebutkan Penyediaan infrastruktur Pusat Data Nasional dalam mendukung Sistem Informasi P2DD Penyediaan dan peningkatan infrastruktur sebaran jaringan Internet untuk menuju Pemerintahan Digital . Penyediaan sistem informasi yang dikembangkan secara berkelanjutan sebagai kanal informasi, kanal kolaborasi, kanal layanan, showcase implementasi, dan basis data dalam rangka percepatan implementasi ‘Elektronifikasi Transaksi Pemerintah’ (ETP) menuju Pemerintahan Digital. Dan mari kita bersama-sama mensukseskan percepatan digitalisasi daerah demi mewujudkan Indonesia Terkoneksi Makin Digital Makin Maju.

Dalam acara yang digelar tersebut juga Kabupaten kampar meraih Terbaik 2 dalam Kategori Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Se-Indonesia.

Berita Lainnya

Index