Sehubungan Telah Berlansungnya Tahapan Penyelengga

Ngambil Spot di Gedung Tertinggi KPU Riau Gelar Ramah Tamah dengan Wartawan

Ngambil Spot di Gedung Tertinggi KPU Riau Gelar Ramah Tamah dengan Wartawan

PEKANBARU(Jangkarnews.com)_Sehubungan dengan telah berlangsungnya tahapan penyelenggaraan pemilu 2024, Komisi Pemilu Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar diskusi secara ramah tamah dengan media massa, Rabu (7/12/2022)

Diskusi yang dilakukan di bangunan tertinggi di Provinsi Riau, atau tepatnya di roof top the peak hotel & apartemen lantai 29 itu, menjelaskan tentang penyerahan dan verifikasi persyaratan dukungan minimal bakal calon anggota DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang.

"Ini bukan konferensi pers, atau acara formal KPU dengan media gitu. Dibilang semacam ramah tamah lah karena media kan juga sahabat KPU, jadi apa salahnya kita ajak kumpul bareng nongki-nongki diruang terbuka diluar kantor," ujar Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir pada kesempatan itu.

Sehubungan dengan pembahasan yang didiskusikan, sebenarnya kata Yasir tidak menjadi suatu tema yang penting dalam acara itu. Tapi bagaimana, hubungan kelembagaan antara media massa dan KPU dapat terjalin erat sehingga terbangun sinergitas yang kuat dalam rangka mencerdaskan masyarakat agar melek Pemilu.

"Kebetulan saja, tahapan penyelenggaraan pemilu saat ini berada di penyerahan dan verifikasi persyaratan dukungan minimal bakal calon anggota DPD RI, makanya kita sondingkan aja tema diskusi kita pada hal tersebut" ujar dia lagi.

Penyerahan dan verifikasi persyaratan dukungan minimal bakal calon anggota DPD RI untuk Pemilu 2024, jelas Yasir, sudah dilakukannya di KPU. Hanya saja, ia enggan menyebutkan nama-nama yang sudah mengantarkan persyaratan, untuk menjadi bakal calon karena dianggap kurang etis untuk disampaikan ke media publik.

"Kalau sudah diverifikasi dan dinyatakan lolos, maka baru bisa didaftarkan menjadi bakal calon. Untuk DPD ini dia perseorangan, tidak pakai partai. Minimal 2000 suara sudah dimiliki dan wajib tersebar di enam Kabupaten/Kota," jelasnya secara garis besar.

Banyak lagi yang disampaikannya terkait tahapan pemilu dalam diskusi tersebut, namun secara berangsur-angsur dan juga seiring waktu berjalan, pihaknya berjanji akan bekerjasama dengan baik bersama media massa tentang publikasi penyelenggaraan tahapan pemilu dan transparansi pemilu 2024 di Provinsi Riau.

Turut hadir mendampinginya dalam diskusi itu, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Nugroho Noto Susanto SIP, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Abdul Rahman SE.

Berita Lainnya

Index