Gotong Royong Massal di Pasar Sail

Pj Sekda Indra Pomi: Ini Program Lanjutan Pj Wali kota Pekanbaru Miflihun S.STP M.AP

Pj Sekda Indra Pomi: Ini Program Lanjutan Pj Wali kota Pekanbaru Miflihun S.STP M.AP
Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution Saat Melakukan Goro di Pasar Sail

PEKANBARU - Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST MT memimpin gotong royong (goro) massal di Pasar Sail, Jalan Hangtuah, Kota Pekanbaru, Minggu (11/12/2022). Gerakan goro massal ini, merupakan lanjutan program Pj Wali Kota Pekanbaru Miflihun SSTP MAP, yang telah dicanangkan sejak awal September 2022 lalu.

Dalam goro kali ini, turut hadiri oleh Kadiseperindag Zulhelmi Arifin, Kepala Satpol PP Iwan P, Camat Sail Facruddin Pangabean, pasukan Satpol PP Pekanbaru, petugas kebersihan DLHK (pasukan kuning,red), RT/RW setempat, warga sekitar dan kelompok mahasiswa dari Stikes Tuah Negeri Pekanbaru.

Setelah bersama - sama membersihkan area sekitar pasar, Pj Sekda Kota Pekanbaru banyak menemukan kios serta lapak kosong di areal Pasar Sail. "Ini agak aneh, karena disisi luar pasar hingga ke pinggir Jalan Hangtuah banyak lapak pedagang yang tengah berjualan. Sementara dalam pasar, lapak dan kios banyak kosong," kata Indra Pomi, usai sidak.

Pj Sekda Kota Pekanbaru menyampaikan, sebagai pasar yang dikelola langsung oleh Disperindag Kota Pekanbaru, Ia ingin kondisi pasar lebih tertib, bersih dan rapi. Hal ini agar pedagang dan calon pembeli sama - sama nyaman saat berada si kawasan Pasar Sail.

Pada tahap awal kami meminta Disperindag untuk mendata pedagang yang berada diluar areal pasar. Kemudian disinkronkan dengan jumlah kios dan lapak yang masih kosong didalam. Ini harus kita tertibkan, kita segera sosialisasikan agar para pedagang yang masih diluar untuk masuk kedalam pasar. Jumlah kios dan lapak kita cukup untuk menampung mereka," jelas Indra Pomi.

Rencana memindahkan para pedagang diluar areal pasar yang tidak tertib, pihak Pemko Pekanbaru akan melakukan upaya persuasif. "Kita coba memberi pemahaman kepada mereka (para pedagang,red). Kita ingin kawasan pasar bersih serta nyaman dan tidak menganggu lalu lintas jalan. Jika semua tertib, tentu para pedagang akan untung juga," tambah Indra Pomi.

Untuk masalah kebersihan pasar, Pj Sekda Kota Pekanbaru ini meminta para pedagang dan warga yang mengunjungi pasar untuk saling menjaga. Apalagi di kawasan Pasar Sail sedang di bangun TPS yang baru.

"Contoh para pedagang ayam, atau lainnya tolong dijaga kebersihan dan pilah sampahnya. Jangan lagi ada yang buang sampah ke gorong - gorong. Kalau pasar kita bersih, calon pembeli tentu lebih nyaman berbelanja," Himbaunya. 

Berita Lainnya

Index