Ciptakan Sinergitas Penyelenggaraan Pembangunan

Pemkab Kampar Lakukan Penandatanganan Kerjasama Dengan Pemda Tanah Datar Sumbar

Pemkab Kampar Lakukan Penandatanganan Kerjasama Dengan Pemda Tanah Datar Sumbar

TANAH DATAR(Jangkarnews.com)_Sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam kerjasama antar Pemerintah Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar Provinsi Riau lakukan penandatangan kerjasama dengan Pemda Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.

Di tandatangani langsung Pj Bupati Kampar Dr Kamsol,MM dan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM, kerjasama tersebut di laksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat, selasa (13/12/2022).

Usai penandatanganan, Dr Kamsol menjelaskan, bahwa tujuan dari kerjasama ini untuk menciptakan sinergitas penyelenggaraan pembangunan, penyediaan pelayanan publik, pengelolaan SDM, potensi di bidang, Pangan, Pariwisata, Pertanian, Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha kecil dan Menengah, Kebudayaan dan pengembangan badan usaha milik daerah.

Kamsol berharap, semoga dengan kerjasama antar dua Kabupaten atau Provinsi ini, nantinya bisa saling mengisi atau kolaborasi, dalam memberikan dampak positif baik bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk strategi utama saat ini, Kamsol juga menyampaikan bahwa pemda kampar dalam peningkatan ketahanan pangan, kampar saat ini telah mulai melakukan pola baru dalam melakukan penanaman padi dengan Teknologi Intensifikasi Padi Aerod Terkendali- Berbasis Organik (IPAT-BO).

Sementara Bupati Tanah Datar Sumatera Barat Eka Putra, SE,MM dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Negeri Pagaruyung.

Lebih lanjut Eka menjelaskan, sebenarnya hubungan Tanah Datar dengan Kampar memiliki hubungan kekeluargaan. Hal ini nyata, karena saya pelakunya. Dimana dari saya kecil sudah berkebun dengan orang tua di Pangkalan Serai batas Kampar dengan Tanah Datar.

Pada intinya kami siap menjalin kerjasama dalam pengurangan inflasi, hal ini bisa dilakukan dengan ketahanan pangan. Dimana hasil produksi dari pangan beras saat ini Tanah Datar menghasilkan sebanyak lebih kurang 357 ribu ton/tahun.

Sementara untuk kebutuhan masyarakat Tanah Datar dengan jumlah penduduk hanya 380 ribu jiwa tersebut membutuhkan beras hanya 50 ribu ton/tahun. Maka hal ini pasti bisa kerjasama baik dengan Pemkab kampar."terang Eka" didampingi Sekda Kab. Tanah Datar Iqbal.

Begitu juga dengan hasil Cabe merah, Bawang, Tomat dan yang lainnya kita masih surplus. Hanya saja, sebaliknya Eka berharap ke depan Tanah Datar bisa jalin kerjasama dalam Minyak Curah yang dihasilkan PKS yang ada di Kampar.

Selain Bupati Tanah Datar dan para asisten dan Kepala OPD Pemkab Tanah Datar hadir juga mendampingi Pj Bupati Kampar Asisten II Suhermi, Kadis Perikanan Zulfahmi, Kadis Pariwisata Zulia Dharma, Kadis Ketahan Pangan Cokro Aminoto, Kadis Pertanian Nur Ilahi.

Sementara hadir menyambut kedatangan Pj Bupati Kampar selain Bupati Tanah Datar, hadir langsung Kejari Tanah Datar Otong Hendra Rahayu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi. Sutrisno, AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K.,M.Si Asisten I Elizar, Asisten II Hakim, serta beberapa Kepala Dinas.

Berita Lainnya

Index