BPJS Ketenagakerjaan Pasaman Gelar Pertemuan Dengan Agen Perisai,Ini Agenda Yang Dibahas

BPJS Ketenagakerjaan Pasaman Gelar Pertemuan Dengan Agen Perisai,Ini Agenda Yang Dibahas
BPJS Ketenagakerjaan Pasaman menggelar pertemuan dengan para Agen Perisai di Lubuk Sikaping, Kamis (21/12/2023)

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kabupaten Pasaman menggelar pertemuan dengan para Agen Perisai di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Kamis (21/12/2023).

Sejumlah agenda dibahas dalam pertemuan tersebut, antara lain pendalaman materi klaim JKK JKM serta penguatan skema Agen Perisai, evaluasi 2023, dan Racing Agen Perisai untuk tahun kerja 2024. Agen Perisai adalah perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan di lapangan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Pasaman M. Yasir Ginting SH usai pertemuan menjelaskan bahwa agenda seperti itu rutin dilakukan setiap tahun, terutama di setiap akhir tahun. "Untuk melakukan evaluasi," katanya

Hal-hal yan dinilai masih memerlukan pembenahan, kata Yasir, akan menjadi catatan untuk dilakukan perbaikan di tahun berikutnya. Sementara sisi-sisi yang dinilai sebagai keberhasilan akan dipertahankan, dan kalau memungkinkan akan ditingkatkan.

Dalam catatan Yasir, sejauh ini tercatat sebanyak 19 Agen Perisai yang menopang kinerja BPJS Ketenagakerjaan KCP Pasaman. Selain dari Pasaman, juga ada yang datang dari Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi dan Payakumbuh.

Yasir menilai Agen Perisai merupakan mitra strategis BPJS Ketenagakerjaan. "Karena mereka berada di posisi ujung tombak, yang berhadapan langsung dengan masyarakat, baik yang sudah atau yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan," terangnya.

Peran yang sangat diharapkan dari Agen Perisai, menurut Yasir, selain menarik sebanyak mungkin masyarakat untuk ikut dalam program-program yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan, yang tidak kalah penting adalah untuk mensosialisasikan program-program BPJS Ketenagakerjaan ke tengah masyarakat.

"Personil kita kan sangat terbatas, sementara cakupan wilayah begitu luas dan jumlah penduduk cukup banyak," katanya. "Agen Perisailah yang antara lain diharapkan menjangkau sampai ke tingkat terendah," tambahnya.

Pada bagian lain Yasir menjelaskan, selain evaluasi kinerja 2023, pertemuan itu juga dimanfaatkan untuk menyusun program kerja untuk tahun 2024 mendatang.

"Termasuk kita memperkenalkan program baru yang diberi nama dengan Racing Agen," sebut Yasir. Program ini, jelas Yasir, memungkinkan Agen Perisai mendapat reward bila mampu mencapai titik-titik tertentu.

Berita Lainnya

Index