Persoalan Dana Tertangani, Panitia Menyatakan Sudah Siap untuk Menggelar Lawnas Pasaman 2023

Persoalan Dana Tertangani, Panitia Menyatakan Sudah Siap untuk Menggelar Lawnas Pasaman 2023

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Persoalan dana yang dicemaskan akan mengganjal pelaksanaan iven nasional lomba Lintas Alam Wisata Nasional (Lawnas) Pasaman 2023 pada akhirnya bisa tertangani dengan baik.

Hal itu terungkap saat digelar rapat panitia di Lubuk Sikaping, Kamis (21/12/2023). Koordinator Dana Dra. Yusnimar A.Pt. dalam kesempatan itu membeberkan dana-dana yang sudah masuk, maupun dana-dana yang berpotensi masuk.

Ketua SC Lawnas Pasaman 2023 Rosben Aguswar yang ditanya usai rapat, mengatakan bahwa persoalan dana yang dicemaskan akan menjadi penghalang, sejauh ini sudah berhasil ditangani atau diatasi dengan baik.

"Baik dana yang sudah masuk ke kas panitia maupun dana yang berpotensi masuk, diyakini akan mampu mengcover seluruh biaya penyelenggaraan Lawnas Pasaman 2023," beber Rosben, sambil menyatakan memberi apresiasi terhadap pihak-pihak yang mendukung kegiatan itu.

Senada dengan Rosben, Ketua OC Hengky Sunardi mengakui bahwa persoalan dana sudah berhasil ditangani dengan baik  "Insya Allah (persoalan dana) tidak akan menjadi penghambat pelaksanaan kegiatan ini," kata Hengki.

Menurut Hengki, selain sejumlah sponsor yang berkomitmen telah menyalurkan dana ke pihak panitia, sementara sejumlah sponsor lain juga menyatakan menunggu kondisi tertentu untuk siap menyalurkan dana.

Soal kesiapan, menurut Rosben, sampai titik hari ini panitia menyatakan sudah siap dalam posisi 75 persen untuk menyelenggarakan iven berskala nasional itu di Pasaman. "Soal persiapan, tidak ada masalah," tandasnya.

Menyoal peserta, dijelaskan Rosben, sejauh ini sudah terdaftar sebanyak 50 regu yang telah terkonfirmasi untuk ikut. "Terakhir yang juga sudah menyatakan terkonfirmasi untuk ikut adalah dari Makassar, Sulawesi Selatan," terang Rosben.

Sementara Hengki Sunardi menjelaskan soal arena, yang juga sudah dalam kondisi hampir siap. "Tinggal membuat peta jalur," ungkap Hengki.

Sedangkan soal peserta, Hengki membeberkan tentang sejumlah peserta baru yang menyatakan keikutsertaannya. Selain dari Makassar, menurut Hengki, juga ada yang datang dari Semarang dan Dumai.

Rosben dan Hengki sama-sama berharap iven itu menjadi tonggak baru kebangkitan dunia kepariwisataan di Pasaman. "Melalui iven ini, diharapkan mata dunia luar akan terbuka soal keunggulan potensi wisata Pasaman," kata mereka.

Karena Pasaman akan didatangi banyak orang dari berbagai daerah untuk menyaksikan iven itu, Rosben dan Hengki berharap masyarakat Pasaman menunjukkan sikap yang ramah kepada para tamu.

Agar Terekspose

Kegiatan Lomba Lintas Alam Wisata Nasional yang diselenggarakan oleh Geopark Equator Pasaman pada 30 sampai 31 Desember 2023 itu nantinya akan menempuh rute objek wisata alam,  religi, budaya yang ada di Pasaman, yang diikuti organisasi pecinta alam tingkat Nasional.

Selain itu, diadakan pula LAW-Nas Ekspo mulai dari tanggal 23 Desember 2023 sampai  2 Januari 2024

Sebelumnya, Bupati Pasaman Sabar AS selaku General Manajer Geopark Equator Pasaman mengatakan, karena Pasaman banyak mempunyai lokasi geopark dan wisata alam yang akan dikembangkan sedemikian rupa untuk menjadikan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata.

Agar pesona geopark dan pariwisata di Pasaman dapat terekspos secara langsung kepada wisatawan dan masyarakat, maka dilaksanakan ajang Lomba Lintas Alam Wisata Nasional (Lawnas) Geopark Equator Pasaman Tahun 2023.

Kemudian disebutkan Sabar, selain untuk menjadikan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata, kegiatan ini juga untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

Peserta lomba lintas alam melalui geowisata di jalur patahan Sumatera bergariskan khatulistiwa diantaranya Surau Lamo Jambak, Taman Wisata Equator dan Benteng Tuanku Imam Bonjol.

Pada kegiatan ini, kata Sabar AS, juga digelar expo dan bazar pasar UMKM lokal, pertunjukan ekraf, bazar kuliner dan pertunjukan seni daerah yang bertempat di Taman Wisata Equator Bonjol

Berita Lainnya

Index