Di Penghujung Tahun,Kominfo Kuansing Raih Penghargaan Dari BPS Riau

Di Penghujung Tahun,Kominfo Kuansing Raih Penghargaan Dari BPS Riau

PEKANBARU(Jangkarnews.com)_Memasuki akhir tahun 2023 ini, Dinas Kominfos Kuansing kembali mempersembahkan prestasi buat Kuantan Singingi. Kali ini Bupati Kuansing, Drs H Suhardiman Amby diwakili Kadis Kominfos, Hendra Roza, S. Si di dapuk menerima Penghargaan Penyelenggaraan Statistik Sektoral terbaik 3 di Riau.

Pada acara yang berlangsung, Jumat 22/12/23 di Gedung Utama Badan Pusat Statistik ( BPS) Provinsi Riau, keluar sebagai juara pertama kabupaten Rohil di susul Kampar dan Kuansing.

Acara juga diselingi  Focus Group Discussion (FGD) Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Penganugerahan Piagam Penghargaan Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Sektoral Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. Secara langsung, acara ini dihadiri oleh Sekretaris Utama BPS RI, Atqo Mardiyanto beserta Inspektur Wilayah 1 Hanif Yahya, dan Statisisi Utama Ihsanurijal yang semenjak kedatangannya ke Bumi Lancang Kuning disambut secara langsung oleh Kepala BPS Provinsi Riau, Asep Riyadi.

Berlangsungnya FGD SPP diawali dengan sambutan oleh Asep Riyadi yang memaparkan terkait SPP yang dimiliki oleh BPS Provinsi Riau, salah satunya adalah wajah baru Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang memiliki berbagai layanan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik seperti Buku Tamu berbasis Website yang terintegrasi dengan email dan Whatsapp pengunjung (aplikasi AsaMPedas), upgrading petugas layanan secara berkala, aplikasi senyum kepuasan, kegiatan proaktif pembinaan statistik sektoral kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam agenda penganugerahan piagam penghargaan, turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Riau yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau, M. Job Kurniawan yang mengucapkan terima kasih kepada BPS Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota yang telah berupaya maksimal memberikan support data untuk perencanaan daerah serta pembinaan statistik sekotoral yang telah terlaksana dengan baik. Job juga mengajak agar setiap SKPD di daerah secara teratur men-supply  data dan informasi teknis ke pangkalan data daerah, serta diharapkan memilki kesamaan paradigma pada seluruh aparatur pemerintah daerah tentang pentingnya data dan informasi dalam proses perencanaan.

Selanjutnya, Job menginformasikan bahwa tahun depan Provinsi Riau akan bertambah satu Kabupaten yang masuk dalam Indeks Harga Konsumen, yakni Kabupaten Kampar. Job juga memberikan atensi kepada Desa Cinta Statistik (CANTIK) dan mendorong seluruh Kabupaten/Kota agar mengoptimalkan Desa Cantik demi mewujudkan Satu Data Indonesia untuk kemajuan bersama.

Agenda dilanjutkan dengan sambutan Atqo Mardiyanto yang dalam arahannya mengatakan bahwa pelayanan publik adalah salah satu dari reformasi birokrasi, dan salah satu pelayanan publik milik BPS adalah hadirnya PST. Pada awalnya PST hanyalah perpustakaan, namun seiring dengan perkembangan kebutuhan publik, maka PST menambah berbagai kemudahan pelayanan data sesuai yang dibutuhkan masyarakat. Atqo juga menargetkan kepada Kepala BPS Riau agar mampu membawa PST BPS Provinsi Riau mendapatkan ISO 9001:2015 yakni standar manajemen mutu pada sebuah organisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja. Standar tersebut membantu organisasi memastikan stakeholder mereka secara konsisten menerima produk dan layanan yang berkualitas, sehingga dapat membawa manfaat termasuk diantaranya kepuasan stakeholder eksternal (pelanggan) maupun internal (manajemen dan karyawan). Selain itu, Atqo juga berharap bahwa BPS tidak hanya memberikan data tetapi juga memberikan insight terhadap pengambilan kebijakan yang ada.

Pada kesempatan ini, BPS Provinsi Riau memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Terbaik Dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023 di Provinsi Riau, dengan Terbaik-1 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Terbaik-2 Pemerintah Kabupaten Kampar, dan Terbaik-3 Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Kadis Kominfos Kuansing, Hendra Roza usai acara berterimakasih atas atensi BPS Riau dan BPS Kuansing yang telah melakukan pembinaan.

Ke depan yang kurang kita perbaiki, sesuai rekomendasi yang di berikan BPS Riau dan Kuansing. Kita akan sampaikan hal ini pak Pak Bupati, H Suhardiman Amby, terlebih beliau sangat responsif atas hal hal yang berkemajuan ini, tegasnya

Berita Lainnya

Index