Kondisi Cuaca Ekstrem di Riau,PLN Siagakan Petugas Amankan Pasokan Listrik

Kondisi Cuaca Ekstrem di Riau,PLN Siagakan Petugas Amankan Pasokan Listrik

PEKANBARU(Jangkarnews.com)_Curah Hujan yang tinggi dalam minggu ini mengakibatkan 12 Desa/kelurahan di Kabupaten Rokan Hulu dan 2 Desa di Kabupaten Pelalawan tergenang banjir. Guna mengamankan pasokan listrik, PLN bergerak cepat dengan menyiagakan sebanyak 23 personil untuk mengamankan pasokan listrik dilokasi banjir guna mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa akibat sengatan listrik pada Rabu (27/12).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (UIDRKR), Agung Murdifi menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam mengoperasikan jaringan listrik di rumah. Terutama, ketika banjir melanda maka masyarakat perlu segera memutuskan listrik didalam rumah dengan cara mematikan MCB pada kWh meter, cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ketempat yang lebih tinggi.

“Segera hubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123 untuk meminta dipadamkan aliran listriknya sementara waktu. Petugas PLN juga akan berpatroli di wilayah yang tergenang banjir untuk melakukan pengamanan suplai listrik,” ujar Agung.

Agung menginformasikan guna memitigasi resiko bahaya listrik apabila gardu distribusi di daerah tertentu yang terendam banjir, maka petugas PLN akan memadamkan sementara pasokan listrik agar tidak membahayakan masyarakat.

Upaya penormalan yang dilakukan PLN tetap memperhatikan kondisi daerah dan  keselamatan masyarakat dan petugas dengan memastikan semua dalam kondisi aman dari ancaman bahaya listrik. Seluruh personil diwajibkan bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan peralatan pendukung yang aman.

“Pasokan listrik akan segera pulih apabila daerah yang tergenang banjir telah kering dan benar-benar aman untuk dioperasikan. Kepada seluruh pelanggan yang terdampak padam akibat banjir, PLN memohon maaf dan berterima kasih karena banyak pelanggan percaya bahwa PLN sedang bekerja dan berupaya semaksimal mungkin,“ tutup Agung.

Dari pantauan lapangan pada Rabu (27/12) sampai dengan pukul 15.00 WIB, beberapa daerah yang terdampak banjir adalah Desa Koto Ruang, Desa Pelanduk, Desa 2C, Dusun Rantau Upih, Desa Babusallam (Simpang Supra, Nagori, Kampung Padang), Desa Pematang Berangan (Jalan Sadar), Kelurahan Pasir Pangaraian (Tanjung Harapan dan Luba Hilir), Desa Sungai Kumango (Silayang layang), Desa Tali Kumain, Kelurahan Tambusai Tengah (Lingkungan Godong), Kelurahan Tambusai Tengah (Bukit Tempurung dan Kampung Taulan) dan kelurahan Rambah (Kumu Lama) yang berada di wilayah Kabupaten Rokan Hulu serta Desa Muaro Sako dan Jalan poros Danau Tajwid Langgam yang berada di wilayah Kabupaten Pelalawan.

PLN juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile dan menghubungi Call Center 123 untuk informasi terkini terkait PLN

Berita Lainnya

Index