Untuk Mewujudkan Pasaman sebagai Daerah Tujuan Wisata Perlu Didukung Pembentukan Komunitas

Untuk Mewujudkan Pasaman sebagai Daerah Tujuan Wisata Perlu Didukung Pembentukan Komunitas

PASAMAN(Jangkarnews.com)_Dinilai perlu dilakukan pembentukan komunitas-komunitas tertentu untuk mendukung visi pemkab mewujudkan Kabupaten Pasaman sebagai daerah tujuan wisata.

Demikian dikatakan Sekretaris SC Lomba Lintas Alam  Nasional (LAWNas) Geopark Equator Pasaman 2023 Ahmad Fadly MT di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Selasa (2/1/2024).

Fadly mengatakan hal itu usai mengikuti rapat evaluasi Lomba Lintas Alam  Nasional (LAWNas) Geopark Equator Pasaman 2023. Rapat tersebut diikuti oleh hampir seluruh unsur panitia Lawnas Geopark Equator Pasaman 2023.

"Misalnya komunitas seni, komunitas budaya, komunitas fotografer, komunitas lingkungan hidup dan komunitas-komunitas lainnya," kata Fadly, yang juga Sekretaris Geopark Equator Pasaman itu.

Menurut Fadly, para komunitas itulah yang menjadi ujung tombak dan pelaku aktif untuk menggerakkan sektor kepariwisataan di lapangan. "Sejauh ini kan belum banyak komunitas terbentuk di sini," kata Fadly.

"Kasih komunitas-komunitas itu panggung, yang bisa mereka manfaatkan untuk mengekspresikan diri dan kemampuannya di bidang masing- masing," tambah Fadly.

Ajang Lawnas Pasaman 2023 dan Lawnas Expo 2023, menurut Fadly, sudah melangkah ke arah itu. Di ajang tersebut para anak-anak sekolah dan sanggar tari memperoleh kesempatan untuk unjuk kebolehan.

Fadly sendiri yakin Pasaman sebagai daerah tujuan wisata akan bisa diwujudkan pada waktunya. "Saya melihat sejumlah stake holder di daerah ini kebijakannya sudah mengarah ke sana," katanya

Dengan kata lain, dijelaskan Fadly, sudah ada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pasaman yang sudah menyiapkan anggaran untuk itu.

"Ini langkah awal yang baik," ungkap Fadly. Sebab, menurutnya, perlu upaya dan langkah komprehensif untuk mewujudkan tujuan tersebut. "Tidak mungkin hanya ditangani oleh satu OPD saja," tandasnya

Berita Lainnya

Index